Saturday, 21 November 2015

Mengenal Fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown Pada Sistem Operasi Windows

Jika laptop anda terinstal system operasi Windows pasti anda sudah tidak asing lagi dengan namanya Sleep, Hibernate, maupun Shutdown. Ketiga fitur tersebut memiliki fungsi yang berbeda beda, dan ternyata masih banyak orang awam yang belum mengerti akan fungsi dari ketiga fitur tersebut, bahkan ada yang membiarkan komputer atau laptop di biarkan begitu saja, tanpa melakukan proses Sleep, Hibernate maupun Shutdown. Dan yang paling parah adalah menutup laptop secara langsung begitu saja, tanpa melalui ketiga proses di atas, dan tentunya hal itu adalah suatu hal yang salah dan dapat membuat laptop anda rentan akan kerusakan. Baca : Bahaya Menutup Laptop Dalam Keadaan Hidup Tanpa Shutdown


Dengan mengetahui fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown, kita akan menjadi tahu apa yang harus di lakukan pada saat kita meninggalkan Komputer. Dan pada dasarnya fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown adalah sama sama mematikan komputer kita, namun ketiganya memiliki perbedaan dan fungsi yang mendasar.

Fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown 

  • Sleep
Dalam bahasa Indonesia Sleep berarti tidur, itu artinya ketika kita melakukan proses Sleep maka seluruh komponen komputer kucuali RAM akan tertidur, ingat komputer hanya tertidur bukan di matikan. Dan pada saat anda menghidupkan kembali komputer, maka semua akan berjalan lagi seperti sebelum anda memasuki mode Sleep. Jadi jika anda membuka sebuah aplikasi lalu anda masuk ke mode sleep, maka pada saat anda menghidupkan kembali komputer anda, aplikasi tersebut akan langsung berjalan, karena memory RAM terus berjalan dan tidak ikut tertidur.
Mode sleep menjadi pilihan yang pas jika anda meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang relatif singkat, seperti mandi, makan dan lain sebagainya.
  • Hibernate 
Hibernate adalah mode yang mirip dengan sleep, perbedaanya adalah pada saat komputer masuk mode sleep semua data akan di simpan di RAM, dan pada mode Hibernate data tadi akan di simpan di dalam Harddisk. Dan pada saat anda menghidupkan kembali komputer anda, maka komputer akan kembali ke kedaan semula sebelum anda masuk mode Hibernate. Kelemahan mode Hibernate adalah membutuhkan waktu yang relatif lebih lama di banding mode sleep, waktu yang di butuhkan untuk keluar dari mode Hibernate adalah sama seperti saat anda pertama kali Booting.

  • Shutdown 
Shutdown adalah hal yang paling sering di lakukan oleh pengguna komputer maupun laptop. Ketika kita melakukan perintah shutdown, maka seluruh aplikasi yang berjalan akan tertutup dan System Operasi juga akan di matikan, dan seluruh aliran listrik yang mengalir juga akan di hentikan. Jadi semua komponen  komputer benar benar dalam keadaan mati.  Dan ketika anda menekan tombol power, maka komputer akan melalui proses Booting dan komputer akan berjalan seperti biasanya.
Waktu yang tepat pada untuk Shutdown adalah pada saat anda meninggalkan komputer dalam kedaan lama, dan tidak ingin komputer tersambung dengan aliran listrik. 

Pendiam, cuek, pemalu, introvert, suka bercanda, sekali jatuh susah bangun 🤙