Tuesday, 20 October 2015

Mengenal Apa Itu SSD dan Perbedaan SSD Dengan HDD

Saat ini sudah terdapat perangkat penyimpanan data pengganti HDD atau yang biasa kita sebut Harddisk, yaitu SSD "Solid State Drive". SSD adalah perangkat penyimpanan data yang berbasiskan Flash Memory sebagai memori yang di gunakan untuk menyimpan data atau informasi. 


SSD bisa di bilang adalah versi canggih dari USB flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti dari Harddisk. Jadi SSD adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data seperti Harddisk, namun komponen nya seperti flash drive yang tersusun dari beberapa Memory Flash sebagai memori.

Namun memori flash pada SSD jelas berbeda dengan memori flash yang ada pada flash drive, dalam hal type dan kecepatan, Chip flash memory pada SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari pada  flashdisk, dengan kapasitas yang sama harga SSD jauh lebih mahal dari pada flashdisk. 

Lalu apa saja perbedaan Harddisk "HDD" dengan SSD, berikut adalah ulasannya : 

1. Ukuran dan Berat 

Material yang terdapat pada HDD seperti platter, head, cakram. Dan lain lain membuat ukuran dari HDD lebih besar di banding SSD. Berbanding terbalik dengan SSD yang ukurannya relatif kecil, karena SSD komponen SSD terdiri dari beberapa Memory Flash. Dan HDD bisa sangat bising ketika di gunakan karena terdapat komponen bergerak di dalamnya. Sedangkan SSD tidak mengeluarkan suara sama sekali karena tidak memiliki komponen bergerak. 

2. Kecepatan Baca dan Tulis Data 

Dalam kecepatan Baca Tulis Data SSD memiliki kecepatan 8X lebih cepat di banding HDD. Sebuah komputer atau laptop yang terpasang SSD akan memiliki kecepatan lebih dalam booting, jadi booting akan lebih cepat jika komputer kita terpasang SSD. Sedangkan waktu yang di butuhkan HDD untuk booting lebih lama tergantung dengan spesifikasi. Dan pastinya kecepatan booting HDD tidak lebih cepat dari SSD. 

3. Efek Yang Di Hasilkan 

HDD menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan efek samping yang buruk, di antaranya adalah :

- HDD menghasilkan panas yang berlebihan
- HDD juga membutuhkan daya yang tinggi
- Seperti yang sudah saya katakan, HDD menimbulkan kebisingan

Karena SSD tidak menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan efek samping yang positif, seperti

- Panas atau suhu yang di hasilkan SSD tidak sepanas yang di hasilkan HDD
- Konsumsi daya SSD juga tidak sebesar HDD, bahkan sangat kecil tidak sampai 1 watt. 
- SSD tidak mengeluarkan kebisingan, karena SSD tidak memiliki komponen bergerak.

4. Harga 

Dalam hal harga SSD jauh lebih mahal ketimbang HDD. Sebagai perbandingan, dengan kapasitas sama, harga SSD dengan kapasitas 500 GB harganya bisa mencapai 4 - 5 juta, sedangkan HDD dengan kapasitas yang sama hanya di jual dengan harga 500 - 800 ribu saja ( tergantung merek )





Pendiam, cuek, pemalu, introvert, suka bercanda, sekali jatuh susah bangun 🤙